International Benchmarking Ke Kuliyyah Of Economics And Management Sciences (KEMNS) International Islamic University Malaysia (IIUM)

Dalam rangka meningkatkan kualitas kurikulum dan penjaminan mutu dari Program Studi (Prodi) Magister Ekonomi Syariah pada level global, Prodi dan Gugus Kendali Mutu (GKM) perlu untuk terus belajar dari berbagai universitas yang memiliki reputasi dan kualitas mutu yang baik.

Melalui dukungan dari Gugus Penjamin Mutu dan Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, dilaksanakanlah international benchmarking pada universitas di luar negeri yang dapat menjadi contoh pembelajaran bagi Prodi dan GKM Program Magister Ekonomi Syariah.

International benchmarking merupakan wadah bagi Prodi dan GKM Program Magister Ekonomi Syariah Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor untuk mendapatkan input, contoh, serta masukan dari pengelolaan, manajemen, proses monitoring dan evaluasi, serta kurikulum pada perguruan tinggi di luar negeri.

Salah satu universitas berbasiskan nilai Islam terkemuka di dunia global adalah International Islamic University Malaysia (IIUM) yang didirikan pada tanggal 23 Mei 1983 oleh Kerajaan Malaysia yang pada mulanya disponsori oleh negara-negara yang merupakan anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI).

IIUM merupakan salah satu universitas berbasis Islam yang diminati oleh mahasiswa dari berbagai negara di dunia dan menjadi peringkat nomor 2 dunia sebagai 2024 Top Islamic Universities/Colleges berdasarkan UniRank (Sumber: https://www.4icu.org/top-religious-universities/islamic/). Hingga saat ini, terdapat kurang lebih 14 fakultas yang tersebar di tiga area kampus yaitu Gombak, Kuantan, dan Pagoh. Universitas ini memiliki moto “the garden of knowledge and virtue” selaras dengan moto UIKA Bogor yaitu “iman, ilmu, dan amal”.

Dengan adanya kesamaan ini serta posisi IIUM yang telah diakui di dunia pendidikan internasional, maka dilaksanakanlah international benchmarking dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, memperluas wawasan dosen, serta mempromosikan pertukaran budaya dan pengetahuan antar bangsa.

Melalui pelaksanaan benchmarking ini, Prodi dan GKM Program Magister Ekonomi Syariah Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor dapat mengetahui posisi pencapaian kinerjanya saat ini dan membandingkan pengelolaan mutu pada lembaga pendidikan tinggi terbaik lainnya.

Benchmarking ini digunakan untuk peningkatan kualitas melalui peningkatan standar mutu pendidikan tinggi. Hasil dari proses benchmarking akan menjadi perbaikan pada proses, prosedur, standar mutu atau target periode sebelumnya dan akan menjadi standar baru yang lebih baik upaya meningkatkan mutu Prodi dan GKM Program Magister Ekonomi Syariah Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor dengan memperbaiki atau meningkatkan standar yang telah tercapai.

You may also like...